Bagian I: Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti

Baking Soda & Baking Powder

 Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti

Jika anda sama seperti saya dan Tedy, pemula dalam dunia tarik suara, upss... maksud saya pemula dalam dunia masak-memasak kue alias baking & steaming the cakes, maka pengetahuan mengenai bahan tambahan makanan di kue dan roti seperti baking powder, baking soda, ragi/yeast, cream of tartar, emulsifier sangat penting untuk diketahui penggunaan dan fungsinya dalam kue, cookies, cake atau roti yang akan kita buat. Minimal, kita tahu perbedaan bentuk fisiknya dan juga reaksinya jika bahan tambahan pangan atau food additives ini kita cemplungkan ke dalam adonan cake atau roti. 

Saya dan Tedy sama sekali bukan pakar di bidang ini, tidak pernah belajar di sekolah khusus membuat kue dan roti walaupun beberapa kali saya sempat mengikuti kursus-kursus membuat cake di Jakarta. Sebagian besar pengetahuan saya peroleh secara otodidak, hasil membaca buku yang berhubungan dengan baking, literatur di internet dan berbagai sumber lainnya. Tentu saja, bagi saya yang terpenting adalah uji coba di dapur yang berulang-ulang, dimana gagal dan sukses silih berganti dan membuat saya menjadi tahu kesalahan yang saya lakukan.

Nah, sebelum memulai mencoba untuk membuat satu, dua jenis cake atau roti, saran saya ada baiknya jika anda mengetahui dulu fungsi dari bahan tambahan pangan yang seringkali di cantumkan di resep, seperti judul saya diatas. Bahan tambahan ini seringkali kita sebut dengan bahan pengembang, apakah itu digunakan pada cake, cookies atau roti. Sebenarnya tanpa menggunakan bahan pengembang ini anda tetap bisa menciptakan cake yang mengembang dengan cantiknya. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan porsi telur dan mengocoknya hingga mengembang untuk memasukkan udara sebanyak-banyaknya ke adonan. Namun dengan menggunakan bahan pengembang ini membuat anda bisa menghemat jumlah telur, waktu dan tentu saja biaya yang dikeluarkan tanpa terlalu banyak mempengaruhi rasa pada makanan.

Berikut ini adalah perbedaan dari masing-masing bahan tambahan pangan serta fungsinya pada cake, cookies atau roti, saya akan bagi artikel ini menjadi dua bagian yang saya posting terpisah. 
Klik untuk baca selanjutnya...

0 comments

Post a Comment