EDC (Electronic Data Capture) adalah mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit dalam suatu bank maupun antar bank, serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime.
Seiring dengan majunya teknologi perbankan, Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia yang terus berkembang mengaplikasikan Mandiri EDC untuk melayani masyarakat. Mandiri EDC dapat menerima Pembayaran melalui Kartu Debit (Visa/Mater), Kartu Kredit (Visa/Master), e-money, dan e-cash. Sedangkan untuk fitur yang ada pada Mandiri EDC adalah sebagai berikut.
· Pembayaran melalui kartu debit/kredit
· Top Up e-money/e-cash
· Pembayaran dengan cicilan
· Redemption Fiestapoin
· Bill Payment (Pembayaran Pulsa, Token Listrik, dll)
· Transfer dari Kartu Debit ke CASA Account
· Laporan penjualan setiap hari
Untuk jaringan yang digunakan, Mandiri EDC memiliki beberapa jenis jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan koneksi realtime dengan data server Bank Mandiri. Berikut ini adalah jaringan yang digunakan:
· Jaringan Telepon/Phone Line
· 3G/GPRS
· WiFi
· LAN
Sedangkan dari sisi nasabah yang menggunakan EDC yang ada pada Kantor . Jumlah nasabah, total Mandiri EDC terpasang, dan dana murah yang dihasilkan dari EDC adalah sebagai berikut.
Ketika dilakukan pengamatan dari data di atas, dapat dilakukan pengamatan bahwa dana murah yang mengalir melalui EDC memiliki potensi yang besar mengingat besaran dana yang dihasilkan tidaklah kecil jika dilihat dari potensi tersebut, jika Bank Mandiri memiliki kemampuan untuk melakukan peningkatan volume transaksi EDC, nilai dana murah yang terkumpul akan menjadi semakin besar dan dapat menaikan nilai pertumbuhan CASA segmen retail pada Kantor Cabang Jakarta.
Rata rata perbulan volume CASA yang didapat dari mesin EDC Bank adalah 6 Milyar rupiah. Nilai tersebut sudah cukup besar namun masih bisa dilakukan optimalisasi sehingga nilai uang yang masuk menjadi lebih baik lagi.
Seiring dengan majunya teknologi perbankan, Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia yang terus berkembang mengaplikasikan Mandiri EDC untuk melayani masyarakat. Mandiri EDC dapat menerima Pembayaran melalui Kartu Debit (Visa/Mater), Kartu Kredit (Visa/Master), e-money, dan e-cash. Sedangkan untuk fitur yang ada pada Mandiri EDC adalah sebagai berikut.
· Pembayaran melalui kartu debit/kredit
· Top Up e-money/e-cash
· Pembayaran dengan cicilan
· Redemption Fiestapoin
· Bill Payment (Pembayaran Pulsa, Token Listrik, dll)
· Transfer dari Kartu Debit ke CASA Account
· Laporan penjualan setiap hari
Untuk jaringan yang digunakan, Mandiri EDC memiliki beberapa jenis jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan koneksi realtime dengan data server Bank Mandiri. Berikut ini adalah jaringan yang digunakan:
· Jaringan Telepon/Phone Line
· 3G/GPRS
· WiFi
· LAN
Sedangkan dari sisi nasabah yang menggunakan EDC yang ada pada Kantor . Jumlah nasabah, total Mandiri EDC terpasang, dan dana murah yang dihasilkan dari EDC adalah sebagai berikut.
Ketika dilakukan pengamatan dari data di atas, dapat dilakukan pengamatan bahwa dana murah yang mengalir melalui EDC memiliki potensi yang besar mengingat besaran dana yang dihasilkan tidaklah kecil jika dilihat dari potensi tersebut, jika Bank Mandiri memiliki kemampuan untuk melakukan peningkatan volume transaksi EDC, nilai dana murah yang terkumpul akan menjadi semakin besar dan dapat menaikan nilai pertumbuhan CASA segmen retail pada Kantor Cabang Jakarta.
Rata rata perbulan volume CASA yang didapat dari mesin EDC Bank adalah 6 Milyar rupiah. Nilai tersebut sudah cukup besar namun masih bisa dilakukan optimalisasi sehingga nilai uang yang masuk menjadi lebih baik lagi.
0 comments
Post a Comment