Cara cepat Meningkatkan CTR (Rasio Klik Tayang) Meningkatkan Penghasilan Adsense

Rasio Klik Tayang

Cara cepat Meningkatkan CTR (Rasio Klik Tayang) 

CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditampilkan: klik ÷ tayangan = CTR. Misalnya, jika Anda memiliki 5 klik dan 100 tayangan, CTR Anda adalah 5%. Setiap iklan dan kata kunci memiliki CTR masing-masing yang dapat Anda lihat tercantum di akun.

Sebenarnya berapa sih besaran CTR yang wajar dan aman?

Menurut Felicia sebenarnya tidak ada “Magic Number” atau besaran pasti, yang penting adalah seberapa valid klik yang kamu peroleh.

Jadi perhatikan Invalid Trafic Deduction atau klik tidak valid di Dashboard Adsense (bagian Payment) kamu.

Selain itu pastikan juga blog kamu sudah sesuai dengan kebijakan Adsense.

Lalu bagaimana cara meningkatkan CTR? simak pejelasannya :

1. Ukuran Unit Iklan  Yang Mempengaruhi CTR

Ada beberapa jenis Unit Ukuran iklan sangat menentukan performa dari CTR.
contoh beberapa jenis unit iklan yang mempengauhi CTR

Ini dia ukuran-ukuran yang memiliki kemungkinan besar “dipukul” oleh pengunjung blog.
  1. 728 x 90 (Dekstop)
  2. 336 x 280 (Dekstop)
  3. 160 x 600 (Dekstop)
  4. 320 x 100 (Mobile)
  5. 420x60  ( Mobail)

Sebaiknya gunakan manual responsive agar lebih maksimal.

2. Penempatan Jenis Iklan Yang Baik dan Benar Untuk CTR

Penempatan iklan yang pas dan relevan tentu sangat mempengaruhi kemungkinan iklan yang tampil akan di klik oleh pengunjung sehingga meningkatkan CTR.

Pahmai penempatan unit iklan di slot Tema anda yaitu Desktop dan Mobail

  • Contoh Tampilan Dekstop

meningkatkan CTR
  • Tampilan Mobaile



versi Mobail meningkatkan ctr



1. Untuk Dekstop 

Penempatan  iklan yang paling Bagus Performancenya ya itu adalah di bagian akhir artikel sebelum kolom komentar dengan ukuran 336×280.

Berikutnya Penempatan unit iklan agar meningkatkan CTR di bagian awal artikel karena lebih dekat dengan mata pengunjung sehingga lebih besar kemungkinan di klik. Ukuran yang baik pada awal artikel adalah 336×280 Untuk Jenis Dekstop

2. Untuk Mobile

Minimal ada 1 iklan sebelum konten Atau di atas Konten  dengan ukuran 320×100 yang sangat ideal karena sebelum pengunjung membaca artikel iklan terlihat jelas apalagi saat crosol ke pencet jadi di Klik deh hehehe

Selanjutnya ditengah-tengah artikel dan bagian akhir dari artikel dengan ukuran resposive mobail frendly.

2. Pastikan Viewabilty Lebih Dari 40%

Yang kedua, pastikan Viewability minimal 40% karena ini merupakan yang terbaik bagi publisher di di Area +61 Indonesia Tanah Air Beta :)

Apa itu Viewabilty?
Viewability adalah persentase seberapa banyak sih sebenarnya pengunjung blog yang melihat iklan kamu.

Sistemnya Google menggunakan matriks menganggap iklan yang sebenarnya terlihat oleh pengunjung adalah jika iklan dilihat minimal 1 detik berarti viewabilty-nya adalah 50%.

Jadi misalnya iklan belum sempat loading tapi pengunjung sudah keburu menggeser laman ke bawah artinya iklan tidak terlihat dan tidak dianggap oleh Viewable.

Semakin tinggi persentase Viewabilty berarti semakin baik performa iklannya.

Untuk meningkatkan Viewablity, kamu bisa menggunakan tips :

  • Peletakan iklan di atas konten sebelum artikel (above the fold)
  • Gunakan format iklan Vertikal / Sticky (iklan menggantung)
  • Gunakan Lazy Loading atau Smart Loading (salah satu fitur di Jetpack bagi pengguna WordPress).

Beralih ke AMP (Accelerated Mobile Pages)
Mulailah mengadopsi format AMP (Accelerated Mobile Pages).

Blog dengan format AMP terbukti bisa meningkatkan CTR dan Viewability sehingga akan meningkatkan penghasilan Adsense kamu.



Nah itulah sedikit trik agar meningkatkan CTR dari Blog kamu , semoga bermanfaat jangal lupa like and share :) dan Subscribe ya 

0 comments

Post a Comment