Bagian II: Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti

Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti

Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti

Di bagian pertama artikel saya mengenai Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti, saya telah mengulas mengenai Baking Powder & Baking Soda, anda bisa klik di sini. Kali ini di bagian kedua saya akan mengulas mengenai Cream of Tartar, Cake Emulsifier dan Ragi Roti. 

Cream of Tartar (Potassium bitartrate)

Asal Muasal Cream of Tartar
Potassium bitartrate atau dalam dunia kuliner dikenal dengan nama cream of tartar merupakan produk sampingan dari pembuatan wine/minuman anggur dan sangat umum digunakan dalam industri kimia dan makanan. Bentuk fisiknya berupa bubuk kristal putih yang tidak berbau. Proses terbentuknya cream of tartar adalah: Saat cairan buah anggur di fermentasikan menjadi minuman beralkhohol/wine maka kristal mengendap dari uap air yang timbul saat cairan buah anggur didinginkan atau dibiarkan menjadi wine; Kristal juga ditemukan pada sumbat botol wine saat botol-botol wine disimpan dalam suhu yang dingin di bawah 10'C; Saat pembuatan selai atau jelly anggur, untuk mencegah kristal terbentuk saat proses pembuatan selai atau jelly anggur maka jus anggur yang masih segar didinginkan semalaman untuk memicu terbentuknya kristal potassium bitartrate.

Kristal kasar disebut dengan beeswing, kristal ini dikumpulkan dan dimurnikan untuk menghasilkan bubuk berwarna putih, tidak berbau dan bersifat asam yang digunakan dalam dunia kuliner dan keperluan rumah tangga lainnya. 

Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake Emulsifier & Ragi Roti
Salah satu merk cream of tartar dipasaran
Klik untuk baca selanjutnya...

0 comments

Post a Comment